9 Sifat Umum Orang yang Sangat Sensitif

9 Sifat Umum Orang yang Sangat Sensitif

Studi memperkirakan bahwa 15-20 persen populasi sangat sensitif. Namun, banyak orang tidak tahu apa artinya ini. Meski terkait introversi, menjadi orang yang sangat sensitif bukanlah hal yang sama. Orang yang sangat sensitif sangat peka terhadap berbagai rangsangan, mulai dari rasa sakit hingga konsumsi kafein. Akibatnya, orang yang sangat sensitif menunjukkan beberapa perilaku spesifik dan dapat diamati.
Diadaptasi dari Aron dan Aron's Sangat Sensitif Person skala (link eksternal), berikut adalah sembilan hal yang sangat sensitif orang lakukan:
9 Sifat Umum Orang yang Sangat Sensitif
9 Sifat Umum Orang yang Sangat Sensitif

1. Mereka menjadi kewalahan ketika mereka harus banyak melakukan.
Orang yang sangat sensitif berjuang untuk tetap bertugas saat mereka memiliki beberapa hal yang berbeda untuk dilakukan. Mereka menjadi sangat cemas, dan saat tingkat stres mereka meningkat, mereka memiliki lebih banyak kesulitan untuk menjadi produktif.
2. Mereka menemukan lingkungan bising yang kacau.
Orang yang sangat peka tidak bekerja dengan baik di kantor terbuka karena indera mereka merasa overdrive oleh pemandangan, suara, bau, dan aktivitas yang berdengung di sekitar mereka.



3. Mereka mendapatkan "hangry."
Saat orang yang sangat sensitif lapar, mereka menjadi marah. Mereka berjuang untuk berfungsi dan sering kali membuat frustrasi mereka pada orang-orang yang paling dekat dengan mereka.
4. Mereka tersedak saat mereka dalam pengamatan.
Orang yang sangat sensitif tampil di puncaknya saat mereka berada dalam posisi pribadi. Masukkan mereka dalam situasi taruhan tinggi, seperti presentasi di depan atasan mereka, dan kemungkinan besar akan berkinerja buruk karena tekanan.
5. Mereka sangat tersentuh oleh kesenian.
Entah itu menghadiri musikal atau mengunjungi galeri seni, orang-orang yang sangat sensitif menghargai seni: Mereka menemukan bahwa ungkapan kreativitas membangkitkan emosi mereka.
6. Mereka mengenali ketidaknyamanan orang lain.
Orang yang sangat peka mengenali kapan orang lain membutuhkan lampu redup atau musiknya ditolak. Mereka mudah merasakan saat orang lain merasa terbebani.
7. Mereka mundur saat keadaan menjadi terlalu berlebihan.
Setelah hari yang panjang atau minggu yang sibuk, orang yang sangat sensitif membutuhkan waktu tenang untuk mengisi ulang. Kamar tidur yang gelap, misalnya, bisa memberi ruang yang sempurna untuk memulihkan kesehatan.
8. Mereka merasa tidak nyaman saat ada suara keras.
Konser rock yang keras dan kembang api yang ramai biasanya tidak menyenangkan bagi orang-orang yang sangat sensitif-mereka memiliki ambang batas yang lebih rendah untuk kebisingan dibandingkan dengan populasi lainnya.
9. Mereka menghindari media kekerasan.
Menonton film kekerasan atau bermain video game grafis bisa terlalu banyak untuk orang yang sangat sensitif, jadi jangan heran jika, misalnya, mereka memilih untuk tidak menonton film horor bersamamu.
Pro dan Kontra Menjadi Sangat Sensitif
Sementara banyak orang memperingatkan terhadap bahaya menjadi orang yang sangat sensitif - seperti peningkatan risiko depresi dan kecemasan - menjadi sensitif tidak semuanya buruk. Orang yang sangat sensitif lebih teliti. Mereka melihat rincian tertentu yang mungkin diabaikan orang lain, dan bisa sangat kreatif.
Menjadi orang yang sangat sensitif tidak berarti Anda memiliki kelainan yang perlu diperbaiki. Ini berarti Anda memproses data sensorik lebih dalam. Menyadari bahwa Anda adalah orang yang sangat sensitif dapat membantu Anda mengembangkan kesadaran diri dan kebutuhan Anda lebih baik.

No comments:

Post a Comment